Senin, 29 April 2013

SOAL GURU BERPRESTASI 2013


Tanpa basa-basi inilah contoh soal untuk seleksi guru berprestasi yang kami gunakan di Kecamatan Buahbatu Kota Bandung.



GUGUS 35 & 36
KECAMATAN BUAHBATU KOTA  BANDUNG

UJI KOMPETENSI GURU TK
TAHUN  2013

A. Petunjuk :

1.    Bapak/ Ibu diminta untuk memberi tanda silang (X) pada salah satu jawaban yang benar (A, B, C, atau D)
2.    Kerjakan pada Lembar Jawaban

B.   SOAL

Q.1) 
Menurut Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali :



A.
Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi

B.
Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya.

C.
Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,

D.
Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu.

Q.2) 

Guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi memiliki persyaratan tertentu seperti dibawah ini, kecuali :



A.
menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar 

B.
menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya

C.
memiliki tingkat pendidikan setingkat Doktor

D.
menuntut tingkat pendidikan yang memadai

Q.3) 

Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis :



A.
Kompetensi Paedagogik

B.
Kompetensi Profesional

C.
Kompetensi Kepribadian

D.
Kompetensi Sosial






Q.4) 





Guru disyaratkan memiliki sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objektif, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis :



A.
Kompetensi Paedagogik

B.
Kompetensi Paedagogik

C.
Komppetensi Kepribadian

D.
Kompetensi Sosial

Q.5) 

Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem evaluasi yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :  



A.
Kompetensi Paedagogik

B.
Kompetensi Profesional

C.
Komppetensi Kepribadian

D.
Kompetensi Sosial



Q.6) 
Guru haruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi :



A.
Kompetensi Paedagogik

B.
Kompetensi Profesional

C.
Komppetensi Kepribadian

D.
Kompetensi Sosial


Q.7) 
Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kopetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :



A.
Kompetensi Paedagogik

B.
Kompetensi Profesional

C.
Kompetensi Profesional

D.
Kompetensi Sosial



Q.8) 
Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :



A.
kerja tim, melihat peluang, peran dalam kegiatan kelompok, tanggung jawab sebagai warga

B.
kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi

C.
berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan, kerja sama

D.
IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan

Q.9) 
Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut memiliki lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :  



A.
Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain

B.
Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.

C.
Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.

D.
Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar.





Q.10) 
Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling mengait seperti di bawah ini, kecuali :



A.
Pengelolaan pembelajaran

B.
tingkat Kecerdasan yang tinggi

C.
pengembangan profesi

D.
penguasaan akademik.



Q.11) 
Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai berikut ini kecuali :  



A.
objektivitas

B.
kontinuitas

C.
integritas

D.
keefektifan



Q.12) 
Ciri-ciri evaluasi yang baik adalah :



A.
keefektifan dan efisiensi

B.
objektifitas dan integritas

C.
kesahihan dan keandalan

D.
komprehensif dan kooperatif



Q.13) 
Teori yang menyatakan bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari::



A.
Piaget

B.
Vigotsky

C.
Erikson

D.

       Smilansky


Q.14) 
Pernyataan yang salah di bawah ini adalah :



A.
antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelebihan

B.
antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelemahan

C.
pernyataan keduanya benar

D.
pernyataan keduanya salah



Q.15) 
Berikut ini pernyataan yang benar adalah :  



A.
mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan
pengukuran

B.
mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen

C.
mutu evaluasi bergantung pada tes dan pengukuran

D.
pernyataan a, b dan c salah



Q.16) 
Berikut ini pernyataan yang benar adalah :



A.
tes adalah awal dari evaluasi

B.
tes adalah bagian dari pengukuran

C.
tes adalah sebuah instrumen

D.
ketiga pernyataan benar



Q.17) 
Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya :  



A.
jawaban pendek

B.
menjodohkan

C.
benar salah

D.
pilihan ganda



Q.18) 
Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur perilaku kreatif :  



A.
penilaian produk

B.
benar salah

C.
pilihan ganda

D.
menjodohkan



Q.19) 
Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal :  



A.
penilaian produk

B.
benar salah

C.
pilihan ganda

D.
menjodohkan



Q.20) 
Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu :  



A.
sudah diuji lapangan

B.
absah

C.
mahal

D.
merupakan ukuran bakat



Q.21) 
Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali ….



A.
sikap penulis

B.
panjang tulisan

C.
struktur sajian

D.
penggunaan bahasa



Q.22) 
Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari  



A.
pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup

B.
pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan

C.
abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan

D.
abstrak, bagian inti, penutup



Q.23) 
Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang



A.
rangkuman dan tindak lanjut

B.
simpulan umum

C.
rekomendasi penulis

D.
simpulan dan saran












Q.24) 
Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh substansi karya tulis ilmiah, kecuali  ….  



A.
pendidikan

B.
kebudayaan

C.
pemulung

D.
informatika



Q.25) 
Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali  



A.
fakta atau kenyataan

B.
argumentasi

C.
teori yang diakui kebenarannya

D.
data empirik/hasil penelitian



Q.26) 
Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat  



A.
resmi

B.
baku

C.
impersonal

D.
personal



Q.27) 
Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunyai komponen ….



A.
daftar pustaka

B.
abstrak

C.
daftar tabel

D.
lampiran



Q.28) 
Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih di mana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .  



A.
Heterofil

B.
Homofil

C.
Holomofil

D.
Homogen



Q.29) 
Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .



A.
Santosa S. Hamidjaja

B.
Mattew B. Milers

C.
Sumantri Mulyani

D.
Rabbin












Q.30) 
Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan .................................



A.
Tahap pengetahuan (kowledge)

B.
Tahap bujukan (persuasion)

C.
Tahap pengembalian keputusan (decision making)

D.
Tahap implementasi (implementation)



Q.31) 
Perkembangan motorik adalah....................  



A.
Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh

B.
Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian
gerakan tubuh

C.
Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot

D.
Hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan
sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak


Q.32) 

Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah  

A.
Cerebral cortex

B.
Batang otak

C.
Cerebellum

D.
Basal ganglia



Q.33) 
Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun  



A.
Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (sepertigunung atau bukit)

B.
Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar)

C.
Menggambar garis lurus

D.
Menggambar coret-coretan



Q.34) 
Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun  



A.
Melompat-lompat dengan kaki bergantian

B.
Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir

C.
Melompati parit

D.
Melompat dengan satu kaki



Q.35) 
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik



A.
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh

B.
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya

C.
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai
dengan urut-urutan tumbuh kembang otak

D.
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan



Q.36) 
Perkembangan sosial adalah  



A.
Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok

B.
Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial

C.
Belajar bergaul dengan orang lain atau anak

D.
Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial



Q.37) 
Proses sosialisasi adalah.................  



A.
Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial

B.
Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial

C.
Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial

D.
Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial


Q.38) 
Bagaimanakah gambaran orang yang sosial?  



A.
Orang yang menginginkan kehadiran orang lain

B.
Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat

C.
Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain

D.
Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi


Q.39) 

Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi anak?



A.
Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama

B.
Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya

C.
Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya

D.
Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya
berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap

Q.40) 
Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah  



A.
Pengasuhan permissive-indulgent

B.
Pengasuhan otoritatif

C.
Pengasuhan permissive-indefferent

D.
Pengasuhan otoriter



Q.41) 
Emosi menurut Goleman adalah  



A.
Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau
tidak senang, benci atau cinta

B.
Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang
dan sedih

C.
Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran
antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak tampak

D.
Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya
suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian
kecenderungan untuk bertindak

Q.42) 
Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai



A.
Pengaturan (regulation)

B.
Komunikasi (communication)

C.
Kelangsungan hidup (survival)

D.
Penyesuaian diri (adaptation)






Q.43) 
Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak  



A.
Faktor keturunan dan lingkungan

B.
Faktor bawaan dan pendidikan

C.
Faktor kematangan dan belajar

D.
Faktor intelektual dan sosial



Q.44) 
Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi  



A.
Marah

B.
Gembira atau senang

C.
Sedih

D.
Takut



Q.45) 
 Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia  



A.
5 tahun

B.
5 tahun 6 bulan

C.
4 tahun

D.
4 tahun 6 bulan



Q.46) 
Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut  



A.
Strukturalisme

B.
Konstruktivisme

C.
Behaviorisme

D.
Progressivisme



Q.47) 
Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan  



A.
Praoperasional

B.
Formal operasional

C.
Konkrit operasional

D.
Sensorimotor



Q.48) 
Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah  



A.
Ekuilibrium

B.
Akomodasi

C.
Adaptasi

D.
Asimilasi



Q.49) 
Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia



A.
4-5 tahun

B.
2-3 tahun

C.
3-4 tahun

D.
5-6 tahun




Q.50) 
Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah  



A.
Mengajar membaca, menulis dan berhitung

B.
Memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh
pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran

C.
Memberikan pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah

D.
Memberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar



Q.51) 
Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?  



A.
Mendengarkan orang dewasa berbicara

B.
Meniru ucapan orang dewasa

C.
Memperhatikan muka orang dewasa dan menanggapi dengan
bahasa mereka

D.
Bermain-main dengan bunyi (mengoceh)

Q.52) 
Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah  



A.
Morfologi

B.
Fonologi

C.
Semantik

D.
Pragmatik



Q.53) 
Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah  



A.
Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat

B.
Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang
terdapat dalam sebuah kata

C.
Suatu sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi
dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata

D.
Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi
dan urutan ujaran, dan susunan suku kata

Q.54) 
Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah  



A.
Nativist

B.
Genetik

C.
Behavioristik

D.
Konstruktivistik


Q.55) 
Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah  



A.
Membuat lingkungan yang saling asuh

B.
Pembelajaran untuk membantu perkembangan dan belajar anak

C.
Menyusun kurikulum yang sesuai

D.
D.            Memacu perkembangan anak dengan memberikan pelajaran baca dan menulis







Q.56) 

  Salah satu uns kreativitas ur adalah  



A.
Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan
kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir

B.
Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi
semata

C.
Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban
dalam menghadapi persoalan

D.
Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau
bersifat prosedural/metodologis


Q.57) 

 Yang tidak termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah  



A.
Pribadi

B.
Pendorong

C.
Proses

D.
Prosedur



Q.58) 
  Berikut ini BUKAN termasuk contoh perkembangan  



A.
anak mampu berguling kemudian tengkurap

B.
anak tumbuh gigi

C.
anak mampu berlari

D.
anak memainkan lidah dan meraba





Q.59) 
Berikut adalah salah satu contoh tugas perkembangan sosial di taman kanak-kanak  



A.
anak tidak malu bercerita di depan kelas

B.
anak saling bertukar alat main dengan temannya

C.
anak mampu mengitung jumlah temannya yang hadir dan yang
absen

D.
anak mampu menyebutkan anggota keluarganya




Q.60) 
 Hal yang harus diperhatikan dari sisi guru pada saat akan menggunakan metode bercerita   adalah  



A.
jenis cerita

B.
tema cerita

C.
penguasaan karakter tokoh cerita

D.
pengaturan tempat duduk




LEMBAR SOAL
TES TERTULIS KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI KELOMPOK TK
TINGKAT KECAMATAN
TAHUN 2013
HARI                : SENIN
TANGGAL        : 29 APRIL 2013
WAKTU           : 120 MENIT

PETUNJUK :
1)      Baca dan teliti dahullu soal-soal sebelum menjawab
2)      Pilih salah satu jawaban yang dianggap paling tepat menurut saudara
3)      Isi pada lembar jawaban yang disediakan
4)      Isi identitas diri saudara

1.      Menurut Konsep Piaget, anak usia TK berada pada tahap ....
A.      Sensorimotor
B.      Praoperasional
C.      Operasional Konkrit
D.     Operasional Formal
2.      Seseorang anak yang memperlihatkan ciri-ciri antara lain lincah berbicara, gemar bercerita, dapat dikatakan bahwa anak tersebut memiliki kecerdasaan ....
A.      Gerak tubuh
B.      Visual – spatial
C.      Logika matematika
D.     Linguistik
3.      Dalam uji sertifikasi salah satu yang dinilai adalah bentuk penilaian portopolio. Kumpulan yang tidak termasuk dalam portopolio adalah ....
A.      Transkrip prestasi akademik
B.      Masa kerja/pengalaman mengajar
C.      Sertifikat pendidikan dan pelatihan
D.     Hasil tes tertulis
4.      Pendidikan pada dasarnya mempersiapkan sumber daya aparatur untuk penyelenggaraan suatu negara. Hal ini sesuai dengan ....
A.      Landasan filosofis
B.      Landasan sosiologis
C.      Landasan politik
D.     Landasan ekonomi
5.      Bukanlah implikasi praktis untuk suatu penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang mengakui bahwa peserta didik itu seseorang yang unik ....
A.      Bimbingan pribadi yang diperlukan bagi setiap anak
B.      Pengorganisasian kelompok belajar yang bervariasi dan menyenangkan
C.      Evaluasi terhadap hasil belajar menggunakan tes yang dibakukan
D.     Evaluasi terhadap hasil belajar menggunakan portopolio
6.      Democratic teaching yang akhir-akhir ini mencuat dalam khasanah penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, sebenarnya mendasarkan pada aliran ....
A.      Progesivisme dari Jhon Dewey
B.      Naturalisme dari Jean Peaget
C.      Empirisme dari Jhon Locks
D.     Humanisme dari Henry Fayol
7.      Prakek pendidikan di sekolah sebenarnya merupakan bekal kemampuan dasar yang bermanfaat bagi peserta didik mengembangkan kehidupannya baik sebagai pribadi, anggota masyarakat ataupun sebagai warga negara sesuai dengan tingkat perkembangannya. Dihubungkan dengan Sistim Pendidikan Nasional, pertanyaan di atas terkait dengan ....
A.      Filsafat pendidikan nasional
B.      Dasar operasional penyelenggaraan pendidikan
C.      Tujuan pendidikan
D.     Fungsi pendidikan
8.      Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162/U/2003 merupakan kebijakan pemerintah yang mengatur ....
A.      Pedoman Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah
B.      Standar Pelayanan Minimal Untuk Penyelenggaraan Pendidikan Dasar
C.      Tenaga Kependidikan
D.     Kurikulum Pendidikan Dasar
9.      Salah satu landasan hukum yang mendasari pengembangan manajemen untuk TK yang makin bermutu adalah ....
A.      PP No. 29 Tahun 1990
B.      PP No. 30 Tahun 1990
C.      PP No. 14 Tahun 2005
D.     PP No. 19 Tahun 2005
10.  Berikut ini yang bukan prinsip pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di TK adalah ....
A.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
B.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
C.      Disesuaikan dengan sarana dan prasarana sekolah.
D.     Relevan dengan kebutuhan kehidupan.



11.  Slah satu kemampuan yang harus dimiliki guru TK adalah kemampuan mendiagnosis permasalahan anak. Berikut adalah cara guru dalam mendiagnosis kesulitan belajar anak TK, kecuali ....
A.      Berdiskusi dengan orang tua anak.
B.      Melakukan observasi terhadap tumbuh kembang anak secara rutin.
C.      Memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita tentang pengalaman yang dialaminya.
D.     Mengintrogasi anak untuk menyampaikan keluhan-keluhannya.
12.  Berikut adalah ciri-ciri potensi kecerdasan interpersonal pada anak TK, kecuali ....
A.      Kemampuan berempati pada teman-temannya.
B.      Mengorganisasi teman-temannya untuk melakukan tugas.
C.      Memiliki banyak teman dan mampu menjalin hubungan dengan teman-temannya.
D.     Bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahan diri sendiri.
13.  Berikut merupakan ciri-ciri potensi kecerdasan spasial pada anak TK, kecuali ....
A.      Memiliki kepekaan terhadap warna, garis, bentuk, ruang dan bangunan.
B.      Memiliki kemampuan membayangkan sesuatu, melahirkan ide secara visual dan spasial.
C.      Memiliki kemampuan mengenali identitas objek ketika objek itu pada sudut pandang yang berbeda.
D.     Tertarik memanipulasi lingkungan serta cenderung suka menerapkan strategi coba-ralat.
14.  Berikut adalah cara yang dapat dilakukan guru untuk menganalisis perkembangan potensi aktual anak TK, kecuali ....
A.      Memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi sumber belajar yang terdapat pada tiap area belajar.
B.      Memotivasi anak-anak untuk mengembangkan ide dan gagasan berdasarkan tema yang disampaikan
C.      Memotivasi anak-anak untuk berkaryawisata ke tempat-tempat yang disenangi anak.
D.     Banyak memberikan kesempatan kepada guru untuk mengambil inisiatif pada kegiatan belajar anak.
15.  Berikut adalah faktor-faktor eksternal yang dapat menghmbat perkembangan kepribadian anak, kecuali ....
A.      Tuntutan kepada anak di luar kemampuannya.
B.      Sikap keras guru dalam memperlakukan anak.
C.      Guru bersedia mendengarkan dan menyimak pendapat anak.
D.     Guru terlalu banyak memberikan larangan.

16.  Terdapat beberapa cara bagi anak TK untuk belajar. Berikut ini adalah gaya belajar anak, kecuali ....
A.      Visual
B.      Auditif
C.      Spasial
D.     Sensorik
17.  Gaya belajar auditif pada anak TK berarti anak belajar dengan cara ....
A.      Menggunakan kemampuan mendengar.
B.      Menggunakan kemampuan melihat.
C.      Menggunakan kemampuan melihat dan mendengan.
D.     Menggunakan kemampuan meraba.
18.  Salah satu lingkungan bagi perkembangan anak TK adalah lingkungan teman sebaya, berikut adalah manfaat lingkungan teman sebaya bagi perkembangan anak, kecuali ....
A.      Anak belajar berinteraksi dengan orang lain.
B.      Anak belajar mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya.
C.      Anak belajar mengendalikan tingkah laku sosial.
D.     Anak belajar mengembangkan keterampilan dan minat yang relevan dengan tugas-tugas perkembangannya.
19.  Dilihat dari sisi prinsipnya, pendidikan TK menganut prinsip sebagai berikut ini, kecuali ....
A.      Menyesuaikan dengan adat adat dan istiadat yang berlaku dalam lingkungan pendidikan anak.
B.      Menggunakan lingkungan belajar yang menarik, bermakna, dan bersifat informal.
C.      Berlangsung dengan cara-cara sederhana ke rumit, konkret ke abstrak dan gerak ke verbal.
D.     Disesuaikan dengan tugas perkembangan dan kematangan anak.
20.  Anak TK akan mampu mengembangkan kemampuan berpikirnya melalui interaksi sosial dengan lingkungannya. Pendapat di atas disampaikan oleh ....
A.      Ki Hajar Dewantara
B.      Lev Vigotsky
C.      Thomas Armstrong
D.     Montesori
21.  Guru dapat mengembangan kemampuan motorik halus anak TK dengan cara berikut ini, kecuali ....
A.      Menggambar
B.      Melompat
C.      Mencocok
D.     Meronce
22.  Apabila kita merujuk kepada teori perkembangan moral yang dicetuskan Lawrence Kohlberg, maka perkembangan moral anak TK berada pada tahap ....
A.      Penalaran Konvensional
B.      Penalaran Prakonvensional
C.      Penalaran Pascakonvensional
D.     Penalaran Preoperasional
23.  Salah satu media yang dapat membantu mengembangkan kemampuan sosial emosional anak adalah kegiatan permainan. Berikut ini adalah permainan yang bermakna bahwa anak-anak bermain secara terpisah dari teman-temannya yang lain, akan tetapi menggunakan mainan yang sama. Kategori permainan tersebut adalah ....
A.      Unoccupied Play
B.      Solitary Play
C.      Onlooker Play
D.     Parallel Play
24.  Metode pembelajaran di TK yang bertujuan mengajak anak untuk memberikan perlakuan terhadap sesuatu dan mengamati sebab akibatnya dinamakan metode ....
A.      Metode Demonstrasi
B.      Metode Sosiodrama
C.      Metode Bercerita
D.     Metode Eksperimen
25.  Salah satu kompetensi guru adalah kemampuan dalam memahami gejolak emosi anak TK, berikut adalah bukan fungsi emosi anak ....
A.      Untuk penyesuaian diri dan kelangsungan hidup
B.      Pengaturan diri
C.      Untuk diwariskan kepada generasi berikutnya
D.     Alat komunikasi
26.  Sebelum guru menggunakan sarana TK sesuai dengan kegiatan yang hendak dilaksanakan guru harus memperhatikan beberapa hal berikut ini , kecuali ....
A.      Memperhatikan penggorganisasian kelas (kelompok, individu dan klasikal)
B.      Memperhatikan metode yang akan dipakai
C.      Menentukan sarana TK yang akan dipakai sesuai dengan kebutuhan
D.     Mengorganisasikan anak sesuai dengan IQ yang telah dicapainya
27.  Untuk mengoptimalkan sarana belajar yang ada, secara teoretis rasio antara anak dengan guru adalah berjumlah ....
A.      20 anak dengan 2 guru
B.      15 anak dengan 1 guru
C.      25 anak dengan 2 guru
D.     30 anak dengan 2 guru

28.  Berdasarkan teori Behavioristik (teori perilaku) motivasi anak TK dapat dikembangkan dengan cara sebagai berikut ....
A.      Memberikan materi membaca, menulis dan berhitung.
B.      Memberikan penghargaan berupa pujian.
C.      Memberikan hukuman fisik.
D.     Membiarkan anak berkembang dengan apa adanya
29.  Salah satu prinsip penyampaian tema pembelajaran bagi anak TK adalah keinsidentalan maksudnya adalah ....
A.      Tema yang dipilih hendaknya dipilih mulai dari tema yang dekat dengan kehidupan anak kepada tema yang semakin jauh dari kehidupan anak.
B.      Tema dipilih dari mulai sederhana menuju yang rumit.
C.      Tema yang dipilih menarik minat dan disukai anak.
D.     Tema yang dipilih sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang terjadi di sekitar anak.
30.  Salah satu prinsip penilaian adalah penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus menerus ...., makna pernyataan yang digaris bawahi adalah ....
A.      Dilaksanakan secara sistematis
B.      Dilaksanakan secara berkesinambungan
C.      Memiliki kebermaknaan.
D.     Bersifat mendidik.
31.  Menurut para pendidikan anak, untuk anak usia TK, sistem penilaian yang dilakukan hendaknya yang bersifat autentik dan natural, maksudnya adalah ....
A.      Penilaian dilakukan dengan cara menilai penampilan-penampilan anak yang bermakna dan karya anak yang terkait dengan masalah dunia nyata.
B.      Penilaian yang dilakukan dengan memberikan simbol-simbol dalam bentuk hurup dan angka.
C.      Penilaian dilakukan dengan cara mengukur kemampuan bahasa, matematika dan logika.
D.     Penilaian dititikberatkan pada aspek perilaku yang nampak.
32.  Teknik tes yang banyak dipergunakan sebagai alat penilaian adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.      Ujian kemampuan akademik
B.      Psikotes
C.      Skala Minat Pekerjaan
D.     Tes Kerativitas



33.  Seseorang guru TK hendaknya memahami bentuk penilaian non-tes. Salah satu teknik non tes adalah angket, berikut ini merupakan kelebihan angket, kecuali ....
A.      Waktu yang diperlukan untuk pengumpulan data relatif singkat.
B.      Dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat terkumpul data dalam jumlah yang relatif banyak.
C.      Cara pengisisan mudah, karena responden tinggal mengisi saja.
D.     Dapat dipergunakan untuk semua responden.
34.  Salah satu interpretasi hasil analisis penilaian hasil belajar anak yang tepat adalah disajikan dengan cara ....
A.      Simbol dalam bentuk huruf dan angka.
B.      Dilaporkan dalam bentuk komentar yang bersifat naratif.
C.      Dilaporkan pada saat orang tua membutuhkan data tentang perkembangan anak.
D.     Dilaporkan dalam bentuk kualitas (rangking, tinggi/rendah)
35.  Salah satu bentuk layanan bimbingan belajar TK adalah layanan informasi. Berikut adalah tujuan layanan informasi yang kurang relevan untuk anak TK ....
A.      Memberikan wawasan tentang kelanjutan studi.
B.      Memberikan penjelasan tentang cara bersosialisasi.
C.      Memberikan penjelasan tentang kesulitan belajar yang dihadapi anak di sekolah dasar.
D.     Menjelaskan tentang makanan dan minuman yang membahayakan.
36.  Rumpun bidang pengembangan kemampuan dasar mempersiapkan anak untuk ....
A.      Memiliki kemampuan dan kreativitas
B.      Mengembangkan kemampuan kemandirian
C.      Meningkatkan kemampuan berpikir
D.     Membantu mengembangkan kemampuan logika
37.  Rumpun bidang pengembangan diri (pembelajaran perilaku melalui pembiasaan) mrupakan ....
A.      Kegiatan anak yang harus dilakukan secara rutin
B.      Kegiatan secara terus menerus
C.      Kegiatan yang harus dilakukan secara terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak
D.     Kegiatan yang dikaitkan dengan disiplin
38.  Bidang pengembangan diri dalam KBK mencakup ....
A.      Moral dan nilai-nilai agama
B.      Sosial, emosional dan kemandirian
C.      Moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional, dan kemandirian
D.     Sosial dan emosional

39.  Anak mampu mendenganrkan, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata dan mengenal simbol-simbol yang melambangkannya. Hal tersebut adalah kompetensi dasar dalam bidang pengembangan ....
A.      Kognitif
B.      Bahasa
C.      Fisik motorik
D.     Seni
40.  Anak memiliki percaya diri, bekerja mandiri, dan bekerja sama dengan orang lain merupakan salah satu kompetensi dalam bidang pengembangan ....
A.      Lintas kurikulum
B.      Ekstra kurikulum
C.      Intra kurikulum
D.     Ekstra dan intra kurikulum
41.  Salah satu contoh kompetensi dasar dalam bidang pengembangan kognitif adalah sebagai berikut ....
A.      Anak mampu mengenal berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari
B.      Anak dapat mengenal bilangan
C.      Anak dapat mengenal bentuk geometri
D.     Menyatakan dan membedakan waktu
42.  Salah satu indikator bahwa anak telah menguasai kompetensi dalam bidang pengembangan diri adalah ....
A.      Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
B.      Mengenal dan menyayangi ciptaan tuhan
C.      Menceritakan pengalaman sederhana
D.     Mulai dapat bertangung jawab
43.  Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ....
A.      Guru
B.      Peneliti
C.      Guru sebagai peneliti
D.     Guru bersama dosen
44.  Tujuan penelitian tindakan kelas adalah ....
A.      Mengungkapkan kebenaran
B.      Menjawab masalah guru
C.      Memperbaiki kinerja guru
D.     Mengumpulkan informasi
45.  Dalam penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A.      Kerisauan guru akan kinerjanya
B.      Keinginan untuk membantu guru
C.      Kerisauan pendidik akan mutu pendidikan
D.     Kepedulian peneliti akan kinerja
46.  Berikut ini adalah aspek-aspek yang berbeda antara penelitian kelas dengan penilaian formal, kecuali ....
A.      Pelaku penelitian
B.      Tujuan penelitian
C.      Tempat penelitian
D.     Asal masalah yang diteliti
47.  Empat langkah pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah ....
A.      Merencanakan, melaksanakan tindakan, refleksi, analisis data
B.      Refleksi, analisis data, merencanakan, melaksanakan tindakan
C.      Merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, refleksi
D.     Refleksi, merencanakan, melaksanakan tindakan, analisis data
48.  Masalah yang teridentifikasikan kakadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru harus menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani dalam penyusunan PTK atau PTS di TK adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.      Tingkat keseriusan masalah
B.      Kemampuan guru untuk menangani
C.      Ada tidaknya mitra kolaborasi
D.     Kompleks tidaknya masalah tersebut
49.  Masalah PTS harus merupakan masalah yang ....
A.      Riil yang dihadapi guru
B.      Ditemukan dari guru lain
C.      Diajukan oleh tutor
D.     Diajukan kepala sekolah
50.  Ibu Reni, seorang kepala TK sedang asik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi mengenalkan bahasa yang penuh dengan istilah latin kepada anak di TK kelas B. Dia merasa bahwa anak sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Dia meminta pendapat teman-temannya, bagaimana cara mengajarkan materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK ibu Reni sedang berada dalam tahap ....
A.      Identifikasi masalah
B.      Analisis masalah
C.      Merumuskan masalah
D.     Merencanakan perbaikan
51.  Seorang kepala sekolah yang melakukan pengawasan atau pemantauan proses dan perkembangan pelaksanaan program maka kepala sekolah melakukan kegiatan ....
A.      Supervisi
B.      Evaluasi
C.      Monitoring
D.     Inspeksi

52.  Tujuan dibentuknya komite sekolah di TK adalah untuk ....
A.      Merupakan organisasi penyeimbang
B.      Membantu kelancaran penyelenggaraan pendidikan
C.      Membantu terbentuknya kerja sama
D.     Membantu memperoleh dukungan
53.  Profesionalisme kepala sekolah dilandasi oleh prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali ....
A.      Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme
B.      Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia
C.      Memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran di kelas
D.     Memiliki jiwa kewirausahaan dan daya juang
54.  Kemampuan kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliput pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya merupakn pengertian dari ....
A.      Kompetensi profesional
B.      Kompetensi sosial
C.      Kompetensi pedagogik
D.     Kompetensi akademik
55.  Dalam kegiatan diskusi sering terjadi perbedaan pendapat dari guru dan anggota kelompok. Kepala sekolah diharapkan mampu menganalisis perbedaan tersebut dengan cara ....
A.      Mengajukan pertanyaan yang menantang guru untuk berpikir
B.      Menguraikan dan merangkum pendapat hingga menjadi jelas
C.      Meneliti apakah pendapat guru mempunyai dasar yang kuat
D.     Memfasilitasi semua perbedaan yang berkembang
56.  Pentebaran kesempatan berpartipasi dalam pengembangan sekolah dapat dilakukan dengan cara ....
A.      Mendorong guru untuk mengomntari temannya
B.      Memberikan waktu untuk berpikir dalam membuat program
C.      Memfasilitasi semua perbedaan yang berkembang
D.     Mengajak guru menilai proses dan hasil pelaksanaan program sekolah
57.  Orientasi pengembangan iklim dan budaya organisasi oleh kepala sekolah bagi guru-guru adalah supaya guru-guru ....
A.      Mendapatkan kesejahteraan yang memadai
B.      Memiliki kemampuan yang diisyaratkan sebagai guru profesional
C.      Merasa dihargai atas peran yang dilanjutkannya
D.     Memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap profesinya

58.  Kepala sekolah memberikan bimbingan kepada guru melalui kegiatan ....
A.      Supervisi
B.      In Service Training
C.      On Service Training
D.     Minitoring
59.  Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan objek-objek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri anak berusia ....
A.      0 - 2 tahun
B.      2 - 7 tahun
C.      7 - 11/12 tahun
D.     11/12 - 14/15 tahun
60.  Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti riwayat pahlawan, kisah perjalanan dan lain-lain merupakan ciri-ciri anak berusia ....
A.      3 - 5 tahun
B.      6 - 8 tahun
C.      10 -  12 tahun
D.     15 - 18 tahun

 
GUGUS 35 – 36 KECAMATAN BUAHBATU
UJI KOMPETENSI GURU
JENJANG/TINGKAT : SEKOLAH DASAR ( SD )

Petunjuk :
Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar !

1.    152 + 52 = n. n adalah . . . .



A.
225

B.
250



C.
325
D
400






    2.

Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu,  bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat.  Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya. Kemarau terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu. (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai) 
Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, perbedaan watak Pangeran Seta dan Pangeran Rasi adalah ......




A.
Pangeran Seta bersifat bijaksana, sedangkan Pangeran Rasi rendah hati.

B.
Pangeran Seta bersifat serakah, sedangkan Pangeran Rasi baik hati.

C.
Pangeran Seta bersifat kasar, sedangkan Pangeran Rasi santun.

D.
Pangeran Seta bersifat dermawan, sedangkan Pangeran Rasi serakah.

3.

Apa yang dimaksud dengan amendemen?  



A.
Perubahan undang-undang atau penambahan terhadapnya.

B.
Pembatalan undang-undang.

C.
Pemberlakuan kembali undang-undang.

D.
Pembubaran anggota parlemen yang sedang menyusun undang-undang.

4.

Aspek positif perilaku konsumtif dibawah ini adalah



A.
mengurangi kesempatan menabung

B.
menambah lapangan kerja

C.
hidup boros

D.
berprilaku konsumtif






5.






Ayam, merak dan burung = . . . .



A.
aves

B.
reptilia

C.
mamalia

D.
dekapoda
6.  
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Apa yang menjadi harapan Sony di masa depan?



A.
menerbitkan banyak buku

B.
menjadi juara di setiap lomba

C.
menjadi seorang penulis terkenal

D.
menulis puisi yang bagus-bagus


7.


Barang dan Jasa yang dikonsumsi dapat digolongkan menjadi 3. Contoh yang benar dibawah ini adalah barang yang habis satu kali pakai adalah ...



A.
makanan, minuman

B.
minuman

C.
makanan

D.
pakaian, sabun mandi


8.

Batu apung digunakan untuk keperluan ....



A.
pengasah kayu supaya halus

B.
mengasah pisau agar tajam

C.
bahan pengeras jalan

D.
dinding dan lantai rumah

     9. 

Bentuk persen dari 2/5 adalah .........



A.
50%

B.
10%

C.
40%

D.
20%


         10.

     Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….



A.
adanya gangguan hubungan keruangan

B.
kesulitan dalam bahasa dan membaca

C.
gangguan mengenal dan memahami simbol

D.
performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ



11.           



Berikut ini yang termasuk cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan yaitu . . . .



A.
rhizoma

B.
geragih

C.
stolon

D.
mengenten


12.   

Binatang bersel satu = . . . .



A.
aves

B.
reptilia

C.
mamalia
D
amuba


13.

Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….



A.
mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat

B.
melaksanakan hidup rukun di masyarakat

C.
mengenal lingkungan rumah dan sekolah
D.
mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah



14. 

DPR bekerja sama dengan presiden untuk menyusun undang-undang.
Menyusun undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . . .  



A.
yudikasi

B.
anggaran

C.
legislasi

D.
eksekusi
15. 

Hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur pemerintahannya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku disebut . . . .  



A.
pemerintahan otoriter

B.
pemerintah daerah

C.
otoritas daerah

D.
otonomi daerah


16.  

   Hasil dari 63 x 33 adalah ....



A.
2.079

B.
3.888

C.
3.777

D.
3.666
17. 

Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….



A.
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia

B.
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa

C.
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia

D.
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika


18.    

Kerajaan Islam pertama di Indonesia



A.
kerajaan Aceh

B.
Kerjaan Demak

C.
Kerjaan Majapahit

D.
kerajaan Samudra Pasai



19.



Lambang Pecahan desimal dari 3/8 adalah ...



A.
6,25

B.
0,375

C.
37,5

D.
0,0625


20.      

Lebah mendapatkan madu, dan bunga terjadi penyerbukan. Kerjasama seperti ini disebut . . . .



A.
simbiosis mutualisme

B.
simbiosis komensalisme

C.
simbiosis parasitisme

D.
simbiosis sarkasme






   21.    Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan   mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A.    Pembelajaran Kelas Rangkap
B.     Lesson Study
C.     PAKEM
D.    CBSA
    22.    Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.  Santosa S. Hamidjaja
B.  Mattew B. Milers
C.  Sumantri Mulyani
D.  Rabbin

     23.    Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A.  Addition
B.  Restructuring
C.  Alternation
D.  Substitution

24.   Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A.  Linier
B.  Kontradiktif
C.  Konvergen
D.  Collective

25.     Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . .
A.  Linier
B.  Kontradiktif
C.  Konvergen
D.  Collective






26. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.  Heterofil
B.  Homofil
C.  Holomofil
D.  Homogen

27. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A.  Tahap pengetahuan (kowledge)
B.  Tahap bujukan (persuasion)
C.  Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.  Tahap implementasi (implementation)

2 8. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A.  Bujukan (persuasion)
B.  Konfirmasi (confirmation)
C.  Implementasi (implementation)
D.  Pengembalian keputusan (decision making)

29. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis   melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A.  Kegiatan pemeliharaan terbatas
B.  Fasilitas fisik
C.  Ukuran kewilayahan
D.  Penggunaan waktu

30. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A.  Tujuan yang ingin dicapai
B.  Prosedur yang digunakan
C.  Kondisi normatif
D.  Struktur social

31. Demokrasi dimana rakyat menyalurkan kehendaknya dengan memilih wakil-wakilnya untuk duduk dalam dewan perwakilan rakyat, dinamakan . . . .
A.  demokrasi langsung
B.  demokrasi perwakilan
C.  demokrasi gabungan
D.  demokrasi sosialis

32. Salah satu asas demokrasi Pancasila adalah asas kerakyatan, yang artinya . . . .
A.  kesadaran akan cinta kepada rakyat, bersikap merakyat, berjiwa kerakyatan .
B.  pemerintah harus memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.
C.  keputusan dengan menampung berbagai aspirasi dan kehendak seluruh rakyat.
D.  suatu tata cara pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mufakat.





33. Keterlibatan rakyat sebagai pelaksana kedaulatan menurut UUD 1945 adalah dalam hal sebagai berikut, kecuali . . . .
A.  Mengisi keanggotaan DPRD melalui pemilihan umum.
B.  Mengisi keanggotaan DPR melalui pemilihan umum.
C.  Mengisi keanggotaan DPD melalui pemilihan umum.
D.  Mengajukan calon Presiden dan Wakil Presiden.

34. Lembaga negara yang berwenang melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum adalah . . . .
A.  MPR
B.  DPR
C.  Mahkamah Agung
D.  Mahkamah Konstitusi

35. Menurut UUD 1945 , Mahkamah Konstitusi memiliki kewenangan untuk . . . .
A.  melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum.
B.  memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum
C.  memberi gelar, tanda jasa, dan lain-lain tanda kehormatan
D.  menguji secara materiil peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang.

36. DPR merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara dan mempunyai fungsi . . . .
A.  legislatif, eksekutif, dan yudikatif
B.  legislatif, eksekutif, dan anggaran
C.  eksekutif, legislatif , dan pengawasan
D.  legislatif, anggaran, dan pengawasan

37. Kekuasaan untuk membentuk undang-undang disebut . . . .
A.  legislatif
B. eksekutif
C.  yudikatif
D.  federative

38. Anggota DPD dari setiap propinsi ditetapkan sebanyak empat orang dan jumlah seluruh anggota DPD tidak lebih dari . . . .
A.  1/2 anggota DPR
B.  1/3 anggota DPR
C.  1/4 anggota DPR
D.  1/5 anggota DPR

39. Hasil pemeriksaan BPK diserahkan kepada . . . .
A.  Presiden dan DPR sesuai dengan kewenangannya
B.  DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya
C.  Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
D.  MPR, DPR, DPD sesuai dengan kewenangannya



40. Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertanggungjawab atas penyelenggaraan pemilu dan menyampaikan laporan secara bertahap atas pelaksanaan tugasnya kepada …
A.  DPR dan Presiden
B.  Presiden dan MPR
C.  MA dan Mahkamah Konstitusi
D.  Presiden dan MA

41. Hasil penilaian terhadap kegiatan praktikum 'penyearah setengah gelombang' seorang siswa diperoleh data sebagai berikut:
Aspek yang dinilai
Perolehan skor
Prosedur kerja
4
Ketepatan memilih alat & bahan
3
Keterampilan menggunakan alat ukur
3
Kecermatan membaca alat ukur
2
Skor maksimum setiap aspek adalah 5, minimum 1. Nilai yang diperoleh siswa tersebut adalah ...
A.  12
B.  33,3
C.  60
D.  75

 42. Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A.  catatan pelajaran siswa
B.  catatan harian sikap siswa
C.  hasil pekerjaan siswa
D.  profil perkembangan siswa

43. Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A.  PAK
B.  PAN
C.  PAG
D.  PAP

44. Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A.  dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.  praktis
C.  dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.  dapat mengetahui prestasi kelompok

45. Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A.  rata-rata kelompok
B.  kriteria yang telah ditetapkan
C.  persentase kemampuan siswa
D.  skor baku yang telah ditetapkan

46. Kelemahan dari penilaian acuan kriteria adalah ...
A.  harus menghitung rata-rata lebih dahulu
B.  kriteria keberhasilan selalu berubah
C.  tidak dapat dijadikan ukuran untuk menilai keberhasilan pengajaran
D.  dapat terjadi semua siswa tidak lulus

47. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A.  acuan norma
B.  acuan kriteria
C.  gabungan
D.  acuan norma atau kriteria
48. Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A.  41,5
B.  54,15
C.  56,6
D.  79,25

49. Suatu sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika adalah 70%. Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65, maka skor minimal untuk lulus adalah ...
A.  45,5
B.  56
C.  65
D.  70

50.  

Lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan keuangan negara adalah . . . .  



       A.
Dewan Pertimbangan Agung

       B.
Badan Audit Nasional

       C.
Badan Pemeriksa Keuangan

     D.
Mahkamah Agung

51. Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa adalah ...
A.  0,5
B.  0,9.
C.  3,03
D.  3,35

52. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A.  sikap penulis
B.  panjang tulisan
C.  struktur sajian
D.  penggunaan bahasa

53. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A.  pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
B.  pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
C.  abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
D.  abstrak, bagian inti, penutup

54. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
A.  rangkuman dan tindak lanjut
B.  simpulan umum
C.  rekomendasi penulis
D.  simpulan dan saran

55. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A.  pendidikan
B.  kebudayaan
C.  pemulung
D.  informatika

56. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A.  fakta atau kenyataan
B.  argumentasi
C.  teori yang diakui kebenarannya
D.  data empirik/hasil penelitian


57. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada um,umnya semua karya tulis ilmiah mempunyai komponen
A.  daftar pustaka
B.  abstrak
C.  daftar tabel
D.  lampiran

58. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A.  memaparkan bidang ilmu tertentu
B.  merupakan deskripsi suatu kejadian
C.  menggunakan gaya bahasa resmi
D.  disajikan secara sistematis

59. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah adalah
A.  senjata makan tuan
B.  kumbang cantik pengisap madu
C.  pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.  pengaruh obat bius yang menghebohkan

60. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
A.  sistematika tulisan
B.  panjang tulisan
C.  ragam bahasa yang digunakan
D.  pengarang



































3 komentar:

jaronicah brebes mengatakan...

Matur nuhun kang atas infonya,abdi pamit ngopy ya Kang?

SUTARWAN blog mengatakan...

podo2 mas

Heri Kusnandar mengatakan...

Haturnuhun kang , mas, Bro izin copy y....